JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

KEBUTUHAN GIZI PADA BAYI 0-6 BULAN

 

KEBUTUHAN GIZI PADA BAYI 0-6 BULAN

Bayi, Perawatan, Anak, Lucu, Tangan

 

ASI satu-satunya makanan dan minuman yang diperlukan oleh seorang bayi  dalam enam bulan pertama. ASI adalah makanan yang tinggi kalori dan mudah untuk dicerna. Memberikan pengganti ASI dapat menyebabkan terjadinya perkembangan yang buruk atau penyakit bila terlalu banyak atau terlalu sedikit mencampurkan air atau bila air yang digunakan tidak bersih. Penting untuk diingat selalu merebus dan mendinginkan air dan mengikuti petunjuk penggunaan susu  pengganti dengan baik. Susu ASI perah atau susu pengganti ASI sebaiknya diberikan dengan menggunakan sendok atau gelas untuk bayi-bayi yang lebih besar. Penggunaan botol susu dapat menyebabkan timbullnya penyakit atau bahkan kematian. Botol dan karet dot yang tidak bersih bisa menyebabkan diare dan infeksi telinga. Diare dapat menyebabkan kematian pada bayi. Terjadinya penyakit dapat dihindari bila botol dan dot disterilisasi dengan air mendidih sebelum digunakan¸tapi bayi yang menggunakan susu botol lebih rentan terkena diare dan penyakit infeksi lainnya dibandingkan dengan bayi yang minum ASI.

 

Kebutuhan zat gizi untuk bayi 0-6 bulan:

Bayi yang tidak diberikan ASI maka kita perlu memberikan asupan zat gizi yang sesuai untuk kebutuhan bayi ini berguna agar bayi tidak kekurangan zat gizi sehingga tidak menimbulkan masalah gizi.  Masalah gizi yang dapat terjadi pada bayi yaitu penyakit infeksi, diare karena disebabkan berbagai fakor infeksi, asma, difteri, KEP (Kurang Energi Protein), anemia, Gaky, Kekurangan vitamin A, alergi dan gizi lebih. Kebutuhan energi menurut angka kecukupan gizi   bagi bayi berusia 0-6 bulan adalah 550 kkal/hari dan untuk bayi berusia 7-11 bulan adalah 650 kkal/hari. Kebutuhan proteinnya disarankan untuk memberikan 2,5 gr tiap kilogram  berat badan bagi bayi. Jumlah protein dianggap adekuat jika mengandung semua asam amino esensial dalam jumlah yang cukup, mudah cerna dan diserap oleh tubuh.

Bayi membutuhkan protein untuk mensintesis jaringan baru yang diperlukan untuk pertumbuhan serta mensintesis enzim, hormon dan berbagai ikatan fisiologis lainnya. Kebutuhan protein  menurut angka kecukupan gizi untuk bayi berumur 0-6 bulan adalah 10 gr/hari dan untuk bayi berumur 7-11 bulan adalah 16 gr/hari.  sedangkan untuk lemak kurang lebih meliputi 50% energi yang diperoleh bayi apabila mengkonsumsi ASI atau susu formula. Energi yang diperoleh dari lemak menghemat protein agar dapat digunakan untuk sintesa jaringan. Asam lemak (asam linoleat dan linolenat) berfungsi untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan neorologis. Kebutuhan vitamin dan mineral dipengaruhi oleh kecepatan tumbuh, peningkatan panjang tulang, dan volume darah, asupan energi, protein dan lemak.

Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN