JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

CARA MENGATASI MASALAH GIZI ANAK SEKOLAH

CARA MENGATASI MASALAH GIZI ANAK SEKOLAH

Anak Anak, Bayi, Gadis, Sekolah, Membaca

Status gizi adalah keadaan keseimbangan antara asupan zat gizi dan kebutuhan zat gizi oleh tubuh untuk berebagai keperluan proses biologis. Gizi seimbang apabila asupan zat gizi sesuai dengan kebutuhan zat gizi yang dinamakan gizi baik, sedangkan gizi tidak seimbang terjadi apabila asupan zat gizi tidak sesuai (kurang atau melebihi)dengan kebutuhan zat gizi yang dinamakan kurang gizi atau gizi lebih. Gizi yang seimbang sangat penting diberikan kepada anak karena sedang memulai tahap perkembangan yaitu kepandaian atau stimulasi dini. 

Tahap perkembangan pada anak terdiri dari perkembangan motorik (motorik kasar dan motorik halus), motorik bahasa dan motorik sosial. Gizi yang seimbang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, kecerdasan, pemeliharaan kesehatan, aktivitas dan lain-lain. Pertumbuhan adalah perubahan ukuran fisik dari waktu ke waktu, baik dari segi dimensi, proporsim maupun komposisi tubuh. pada manusia , ukuran fisik (tubuh) manusia disebut dengan istilah antropometri. Perkembangan adalah perubahan kemampuan anak dalam gerakan motorik kasar (pada usia 12-15 bulan)atau halus, kecerdasan, mental, perilaku dari waktu kewaktu.

Karakteristik pertumbuhan anak prasekolah atau balita yaitu usia 1-3 tahun pada anak terjadi laju tumbuh fisik lambat, 2-3 tahun laju tumbuh lingkar kepala, 3-4 tahun gigi geligi susu bertahap, dan pada usia 4-6 tahun aktifitas fisik meningkat. Selain itu, pada anak usia prasekolah biasanya mulai memilih-milih makanan dan makanan yang mereka sukai adalah makanan manis, crispy, lembek, gurih, rasa tidak tajam, hangat dan kemasan. Sedangkan pada anak usia sekolah memiliki  karakteristik pertumbuhan relatif lebih cepat umumnya pada jenis kelamin perempuan lebih cepat daripada laki laki (rata rata pada perempuan terjadi pertambahan berat baan sekitar 1,8-3 kg/tahun), kebutuhan gizi anak lebih banyak karena memiliki aktivitas lebih tinggi, anak mulai memilih dan menentukan makanannya sendiri dan kadang-kadang timbul kesukaan yang berlebih terhadap suatu makanan (food fadism).

Karakteristik inilah anak usia sekolah cenderung mengalami masalah gizi (anemia yang dapat mengganggu konsetrasi belajar, KVA, pembesaran kelejra parotis, dan carries dentis) apabila tidak ditangani dengan tepat. Adapun yang memperburuk status gizi anak sekolah yaitu anak sering memilih makanan yang salah tapi disukai, anak senang jajan, anak lelah bermain. Ada beberapa cara untuk melakukan pencegahan terhadap masalah status gizi pada anak usia sekolah yaitu dengan membiasakan sarapan pagi, memberikan makanan bekal, diadakannya kantin dan school feeding. Tujuan pencegahan dengan melakukan penyediaan dan pemberian makanan pada anak usia sekolah agar meningkatkan/mempertahankan berat badan, mempertahankan status gizi, menjamin pertumbuhan dan perkembangan serta meningkatan daya tahan tubuh. 

Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN