JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

PENGARUH GAYA HIDUP(LIFE STYLE) TERHADAP KEBIASAAN MAKAN PADA MASA REMAJA

 

PENGARUH GAYA HIDUP(LIFE STYLE) TERHADAP KEBIASAAN MAKAN PADA MASA REMAJA

Gadis, Remaja, Smartphone, Rusia

Pertumbuhan yang cepat (growth spurt) pada masa remaja terjadi pada usia 10-12 untuk perempuan dan 12-14 pada laki-laki. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan zat gizi pada masa remaja yaitu keturunan, life style dan lingkungan. Faktor life style pada masa remaja sangat memiliki pengaruh yang besar untuk memenuhi kebutuhan zat gizinya, karena remaja biasanya cenderung melakukan hal-hal seperti dibawah ni :

  • ·         Melewatkan waktu makan sekali  atau lebih dalam seharinya
  • ·         Pemilihan selingan makan (snack) yang kurang tepat
  • ·         Kurangnya supervisi  (seperti orang tua)dalam memilih makanan diluar rumah
  • ·     Takut mengalami obesitas khususnya perempuan
  • ·         Perhatian terhadap makanan tertentu yang meyebabkan jerawat
  • ·         Kurangnya waktu untuk mengkonsumsi makanan secara teratur
  • ·         Kurang didampingi ketika mengkonsumsi makanan tertentu
  • ·         Tidak minum susu
  • ·         Mulai mengkonsumsi alkohol
  • ·         Kurangnya kemampuan keluarga untuk membeli makanan atau pengetahuan tentang zat gizi

Asupan gizi yang seimbang untuk masa remaja sangat penting diberikan karena untuk Membantu konsentrasi belajar, beraktivitas, bersosialisasi, untuk kesempurnaan fisik, tercapai kematangan fungsi, tercapainya bentuk dewasa, mengatur keseimbangan tubuh. asupan gizi yang tidak tepat dapat memicu berbagai permasalahan gizi pada masa remaja seperti  kurang energi kronis yang dapat mengakibatkan kurangnya aktivitas untuk laki-laki dan pada perempuan hal ini bisa terjadi karena konsumsi yang kurang dan karena psikologis. Permasalahan gizi yang kedua yang dapat terjadi pada masa remaja yaitu obesitas yang bisa disebabkan karena sosial dan psikologis serta dapat mengakibatkan prestasi orang gemuk dapat menurun. Masalah gizi yang ketiga pada masa remaja adalah anemia zat besi biasanya lebih cenderung pada perempuan. Penyebab anemia zat besi pada remaja adalah rendahnya pengetahuan isu dan ilmu kesehatan, ngemil didepan TV dan komputer, benci sayur dan makanan berserat, tidak berolahraga, mengurangi porsi makanan, minimnya sosialisasi gizi khusus remaja.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi masalah gizi pada masa remaja adalah psikologis, kebiasaan makan, lingkungan, sosial budaya, dan pengaruh obat-obatan. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk masalah gizi remaja ini bisa dilakukan dengan pendidikan gizi disekolah, membiasakan hidup sehat dan higiene, dan mencegah penyakit menular. Zat gizi untuk masa remaja sangat penting untuk tercukupi kebutuhannya baik zat gizi makro dan mikro, dibawah ini adalah manfaat dari zat gizi makro dan mikro untuk masa remaja :

Energi

Diperlukan untuk aktivitas, didapatkan dari sumber karbohidrat juga lemak dan protein, kebutuhannya yaitu 60%.

Protein

Diperlukan untuk membangun otot dan jaringan tubuh lainnya, yang didapatkan dari lauk hewani dan nabati. Kebutuhannya yaitu 15%

Calcium

Dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi, pembentukan puncak tulang yaitu pada usia 30 tahun. Sumber kalsium susu, apel, keju, telur, tahu, tempe, teri, udang, sayuran hijau dan tauge.

Zat besi

Kebutuhan pada masa remaja terutama remaja puteri meningkat untuk kebutuhan zat besi karena menstruasi dan bertambahnya volume darah, sumber zat besi yang utama adalah daging merah.

Kebutuhan zat gizi lain yang harus diperhatikan selain dari yang telah disebutkan diatas  yaitu vitamin C, serta dan air.

Untuk tampil prima (sehat) tubuh memerlukan gizi yang seimbang, gizi tidak seimbang akan mempengaruhi status kesehatan remaja yang kemudian berdampak pada kebugaran, remaja yang sehat dan bugar akan lebih produktif

Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN