JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

ORGANISASI PROFESI KESEHATAN DI INDONESIA




     ORGANISASI PROFESI KESEHATAN DI INDONESIA

Pengusaha, Tim Roh, Kerja Sama Tim, Euro

Organisasi profesi kesehatan merupakan organisasi yang anggotanya adalah parapraktisi kesehatan yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial. Adapun jenis-jenis organisasi profesi kesehatan di Indonesia :

a.       Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
Awalnya organisasi kedokteran bermula dari himpunan yang bernama Vereniging van Indische Artsen tahun 1911 yang diketuai oleh dr.J.A.Kayadu. Pada tahun 1929 perkumpulan ini berubah nama menjadi Vereniging van Indonesische Geneeskundige (VIG). Pada tahun 1948 didirikan Perkumpulan Dokter Indonesia (PDI) yang dipimpin oleh dr.Darma Setiawan Notohadmojo. Lalu IDI sendiri didirikan pada tanggal 24 Oktober 1950 yang bertujuan memadukan segenap potensi kedokteran,mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.

b.      Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) merupakan satu-satunya organisasi profesi yang menghimpun dokter gigi di Indonesia. PDGI didirikan di Bandung pada tanggal 22 Januari 1950.

c.       Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)
Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) adalah perhimpunan seluruh perawat Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Maret 1974. Awalnya PPNI memiliki nama Perkumpulan Kaum Velpleger Boemibatera (PKVB) yang didirikan tahun 1921. Munculnya sumpah pemuda tahun 1928 mendorong PKVB merubah namanya menjadi Perkumpulan Kaum Velpleger Indonesia (PKVI).

d.      Ikatan Bidan Indonesia (IBI)
Dalam sejarah bidan Indonesia menyatakana bahwa IBI didirikan pada tanggal 24 Juni 1951 yang didasarkan atas hasil konferensi bidan pertama yang diadakan di Jakarta pada tanggal tersebut. Tiga tahun setelah konferensi, tepatnya tanggal 15 Oktober 1954, IBI diakui sah sebagai organisasi yang berbadan hukun dan tertera dalam Lembaga Negara nomor: J.A. 5/927 (Departemen Dalam Negeri), dan pada tahun 1956 IBI diterima sebagai anggota ICM (International Confederation of Midwives).

e.       Persatuan Perawar Gigi Indonesia (PPGI)
Sejarah profesi perawat gigi Indonesia bermula dari didirikannya Sekolah Perawat Gigi (SPG) yang dilandasi dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 27998/Kab tanggal 30 Desember 1950. Kemudian pada tahun 1967 didirikan Ikatan Perawat Gigi dan Tehniker Gigi Indonesia (IPTGI), namun ada pihak-pihak yang menyebutkan bahwa IPTGI ada tapi berjalan tanpa adanya kegiatan atau vakum. Pada tahun 1986 diadakan kongres I IPTGI di Ciloto yang kemudian merubah kebijakan di Departemen Kesehatan yang memisahkan antara profesi perawat gigi dan tekniker/teknisi gigi. Lalu pada tanggal 13 September 1996 di Caringin,Bogor para perwakilan perawat gigi se-Indonesia mendeklarasikan organisasi Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI).

f.       Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)
Ikatan Apoteker Indonesia adalah satu-satunya organisasi profesi kefarmasian di Indonesia yang ditetapkan oleh surat keputusan menteri kesehatan RI no. 41846/KMB/121 tanggal 16 September 1965. Nama Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia diterapkan dalam kongres ke VII Ikatan Apoteker Indonesia di Jakarta pada tanggal 26 Februari 1965 dan merupakan kelanjutan dari Ikatan Apoteker Indonesia yang didirikan tanggal 18 Juni 1955.

g.      Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)
Persatuan Ahli Farmasi Indonesia adalah organisasi yang menghimpun tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia, sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta terbentuklah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) yang diketuai oleh Bpk. Zainal Abidin.

h.      Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI)
Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) atau The Indonesia Association of Environmental Health (IAEH) didirikan di Bandung pada tanggal 12 April 1980. Organisasi ini merupakan hasil dari perubahan dan pengembangan dari Ikatan Kontrolir Kesehatan Indonesia (IKKI) yang didirikan pada tanggal 5 September 1955. Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) bertujuan untuk menghimun, membina, mengembangkan dan mengamalkan IPTEK di bidang kesehatan lingkungan dalam mencapai lingkungan yang sehat, organisasi ini juga bersifat terbuka.

i.        Persatuan Ahli Teknik Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI)
PATELKI dibentuk pada tanggal 26 April 1986 di Jakarta, yang diprakarsai oleh Drs. Sjarifuddin Djalil, yang menjabat Kepala Pusat Laboratorium Kesehatan Indonesia. PATELKI berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan anggota sesuai dengan tujuan organisasi, sebagai wadah untuk peran serta usaha mensukseskan pembangunan nasional.

j.        Perkumpulan Promotor dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat Indonesia(PPKMI)
Perkumpulan Promotor dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat Indonesia(PPKMI) atau Indonesian Society for Health Promotor Educator (ISHPE) merupakan organisasi nonprofit yang didirikan pada tanggal 14 Februari 1988 di Jakarta. PPKMI melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ilmu dan seni promosi dan pendidikan/penyuluhan kesehatan, disamping mengadakan hubungan kerja sama dengan perkumpulan serupa dalam maupun luar negeri.

k.      Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI)
Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) atau The Indonesian Public Health Association adalah suatu organisasi profesi yang bersifat independen dan multidisipliner. Kegiatan tertinggi organisasi tingkat nasional adalah kongres setiap tiga tahun sekali. Pada tahun 1981 IAKMI menjadi anggota World Federation of Public Health Associations (WFPHA) yang beranggotakan 80 organisasi profesi kesmas di seluruh dunia dengan kantor pusat di Genewa.



Ilmu gizi

Ilmu gizi (nutritional science) menyangkut dua disiplin ilmu yaitu pertanian dan kedokteran. Sedangkan profesi gizi adalah suatu pekerjaan di bidang gizi yang dilaksanakan berdasarkan keilmuan (body of knowledge), memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan yang berjenjang, memiliki kode etik dan bersifat melayani masyarakat (Standar Profesi Gizi,2007). Selanjutnya Azwar (1994), menjelaskan bahwa profesi mempunyai 4 ciri sebagai berikut :

a.     Body of Knowledge, yaitu memiliki seperangkat bidang profesi yang digelutinya.
b. Continuing Education, yaitu senantiasa meningkatkan kemampuan dan keterampilan melalui pendidikan berkelanjutan.
c.   Altruism, yaitu memiliki jiwa pengabdian dan dedikasi, bekerja adalah untuk bekerja sesuai profesi yang diembannya, tanpa pamri.
d.  Ethics, yaitu seperangkat standar/prinsip-prinsip moral yang menilai, menyesuaikan, dan mengatur perilaku manusia.

Standar kompetensi gizi adalah standar kemampuan yang menjamin bahwa ahli gizi dan ahli madya dapat menyelenggarakan praktek pelayanan gizi dalam masyarakat. Sedangkan standar pelayanan gizi adalah standar yang mengatur penerapan ilmu gizi dalam memberikan pelayanan dan asuhan gizi dengan pendekatan manajemen kegizian (KepMenKes RI, 2008). Gizi diakui sebagai disiplin ilmu pada awal abad ke 20 oleh Lavoiser yang dikenal sebagai bapak ilmu gizi dunia. Di Indonesia, permasalahan gizi dimulai pada pemerintahan Belanda. Setelah Indonesia merdeka, dibentuk lembaga makanan rakyat sebagai lanjutan dari institute Voor Voksvoeding (IVV). Kelembagaan gizi di Indonesia mulai menggeliat seiring dengan dikembangkannya berbagai program gizi meliputi Pendidikan Tenaga Gizi yang terdiri dari Litbang Gizi, Pelaksana Program Gizi, Pengambilan Kebijakan dan Perancangan Gizi.

Saat ini, terdapat beberapa organisasi profesi yang berkaitan dengan gizi, antara lain : 
a.       PERSAGI ( Persatuan Ahli Gizi Indonesia )
PERSAGI adalah organisasi profesi yang didirikan tanggal 13 Januari 1957 dengan nama semula Persatuan Ahli Nutritionis Indonesia, pengurus PERSAGI merupakan ahli gizi yang berasal dari berbagai instansi pemerintah PT Industri dan LSM. Kegiatan rutin yang dilakukan setiap 5 tahun sekali adalah melakukan temu ilmiah (dilakukan 2-3 hari untuk menyegarkan ilmu terbaru dalam bidang gizi dan kesehatan sesuai tema yang ada), kongres ( kegiatan yang dilakukan adalah pemilihan ketua umum, melakukan perubahan dan menetapkan AD/ART yang berlaku, melakukan pelantikan dan lain-lain), dan festival gizi.

b.      ASDI ( Asosiasi Dietesien Indonesia )
ASDI adalah organisasi profesi yang senantiasa berupaya mengantisipasi perkembangan dan teknologi di bidang gizi melalui kegiatan ilmiah yang terencana dan berkesinambungan untuk dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensi ahli gizi.

c.        PERGIZI PANGAN ( Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan Indonesia )
PERGIZI PANGAN Indonesia adalah himpunan pakar ( cendekia ) gizi dan pangan serta pakar yang peduli terhadap pengembangan dan apikasi Iptek  gizi dan pangan. Sesuai historis pembentukannya, tujuan PERGIZI PANGAN Indonesia yaitu membangun komunikasi yang lebih baik dikalangan pakar dan peminat pangan dan gizi dalam rangka bekerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam mengatasi masalah gizi dan pangan. PERGIZI PANGAN Indonesia mewakili Indonesia sebagai salah satu Adhering Bodies di International Union of Nutritional Science (IUNS). PERGIZI PANGAN Indonesia didirikan tanggal 19 Agustus 1979 dengan ketua umum pertama Prof. Dr. Sajogyo, saat ini PERGIZI PANGAN Indonesia dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Hardiansyah, MS. sebagai ketua umum.

d.      PDGKI ( Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia )
PDGKI adalah organisasi profesi yang menghimpun para dokter spesialis gizi klinik di Indonesia. Organisasi ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan gizi dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Berdasarkan tujuan ini maka logo PERSAGI  tercantum motto SVASTHA HARENA yang artinya perbaikan kesehatan melalui makanan atau gizi. Visinya mencapai status gizi masyarakat yang optimal tahun 2010. Yang dimaksud status gizi optimal adalah suatu keadaan gizi yang mungkin dapat dicapai dengan perkembangan IPTEK, sarana dan prasarana, dan kemampuan management pada suatu kurun waktu.


  HUBUNGAN ANTAR PROFESI KESEHATAN

Organisasi profesi kesehatan memiliki peran penting untuk membangun sinergi, pemahaan atas peran dan perhatian atas masalah kesehatan masyarakat harus menjadi agenda utama dari pada pengurus organisasi profesi. Organisasi profesi memiliki pengaruh besar kepada pemerintah dalam membuat peraturan terkait kebijakan kesehatan dan keprofesian.

 Hubungan Perawat, farmasi dan Ahli Gizi
Hubungan perawat, farmasi dan ahli gizi merupakan faktor penting karena secara langsung berpengaruh terhadap kualitas SDM. Agar pemenuhan gizi pasien dapat sesuai dengan yang diharapkan, maka perawat harus mengkonsultasikan kepada ahli gizi tentang obat-obatan yang digunakan pasien, jika perawat tidak mengkomunikasikannya maka dapat terjadi pemilihan makanan oleh ahli gizi yang bisa menghambat absorpsi dari obat tersebut.

Hubungan antara ahli gizi dengan dokter
Hubungan ahli gizi dengan dokter yaitu perlu mengkomunikasikan ke dokter tentang diagnosis penyakit yang diderita pasien agar ahli gizi dapat menerapkan asuhan gizi dan intervensi gizi yang tepat.


























Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN