JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

SEBERAPA PENTING VITAMIN A UNTUK TUBUH

 

SEBERAPA PENTING VITAMIN A UNTUK TUBUH

zat gizi yang termasuk kedalam golongan zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral, diketahui ada sebanyak 20 vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh manusia. Namun perlu diketahui bahwa terdapat 3 – 5 jenis zat gizi mikro yang bermasalah yaitu vitamin A, iodium, zat besi, zink, dan asam folat. Vitamin adalah zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan.  Vitamin mudah rusak karena proses penyimpanan dan pengolahan, sinar matahari juga bisa rusak oleh reaksi kimiawi karena menjadi senyawa tidak aktif atau mengalami pelarutan (vitamin larut air yang hilang pada proses blancing/pemasakan). Pada tubuh kita bisa terjadi defisiensi vitamin atau yang disebut hipovitaminosis dan juga dapat terjadi kelebihan vitamin  atau yang disebut hipervitaminosis. Vitamin dibagi menjadi dua yaitu vitamin larut air (B, C) dan larut lemak (A,D,E,K).

Pertanyaannya adalah kenapa kita membutuhkan vitamin A ? vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia, karena zat gizi yang ini tidak dapat dibentuk oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar. Tubuh dapat memperoleh vitamin A dari bahan makanan : bayam, daun singkong, pepaya matang, kuning telur, ASI juga dapat diperoleh dari kapsul vitamin A dosis tinggi. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata, dan yang lebih penting lagi bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anak-anak yang mendapat vitamin A dalam jumlah cukup apabila terkena diare, campak, atau penyakit infeksi lain tidak akn mejadi parah.

Kurang vitamin A di Indonesia masih menjadi masalah gizi utama, meskipun kurang vitamin A (xeroptalmia) tingkat berat sudah jarang ditemukan, tetapi kurang vitamin A tingkat sub klinis (tingkat yang belum menampakan gejala nyata, masih menimpa masyarakat luas terutama kelompok balita. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah gizi karena kurang vitamin A yaitu prinsip dasarnya adalah dengan menyediakan vitamin A yang cukup bagi tubuh kita. Selain itu, perbaikan kesehatan secara umum turut pula memegang peranan.Dalam upaya menyediakan vitamin A yang cukup untuk tubuh dapat dilakukan :

  • ·         Meningkatkan konsumsi sumber vitamin A alami melalui penyuluhan
  • ·         Menambah vitamin A pada bahan makanan yang dimakan oleh golongan sasaran secara luas (fortifikasi)
  • ·         Distribusi kapsul vitamin dosis tinggi secara berkala

Kapsul vitamin dosisi tinggi yaitu 100.000 SI diberikan pada bayi berumur 6-11 bulan baik sehat maupun sakit dengan dosis 1 kapsulyang berwarna biru bulan februari dan agustus, pada anak balita diberikan kapsul vitamin A  dosis tinggi 200.000 SI  berwarna merah pada semua anak balita berusia 1-5 tahun dalam keadaan sehat maupun sakit. terbukti efektif untuk mengatasi masalah kurang vitamin A  pada masyarakat apabila cakupannya tinggi minimal 80%. Cakupan tersebut dapat tercapai apabila seluruh jajaran kesehatan dan sektor sektor terkait dapat menjalankan peranannya masing-masing  dengan baik. Selain diberikan kepada bayi dan anak kapsul vitamin A berwarna merah  juga diberikan kepada ibu nifas sehingga bayinya dapat memperoleh vitamin A yang cukup dari ASI. Bayi dan balita yang menderita sampak, diare, pneumonia, dan gizi buruk segera diberikan kembali kapsul vitamin A sebagai tambahan sesuai dosis yang dianjurkan.

Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN