JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN YANG HARUS DIPANTAU PADA BAYI SEJAK PERTAMA DILAHIRKAN

 

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN YANG HARUS DIPANTAU

PADA BAYI SEJAK PERTAMA DILAHIRKAN

Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian. Sedangkan pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler yang berarti bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. Pada bayi yang lahir cukup bulan artinya tidak prematur, berat badan waktu lahir akan kembali pada hari ke 10.

Kenaikan berat badan pada tahun pertama kehidupan  dapat dipantau dengan rutin melakukan penimbangan agar dapat melihat pertumbuhan berat badan bayi, dengan ketentuan :

·         700-1000 gr/bulan (triwulan pertama)

·         500-600 gr/bulan (triwulan kedua)

·         350-450 gr/bulan (triwulan ketiga)

·         250-350 gr/bulan (triwulan keempat)

Pertumbuhan bayi sejak lahir sampai umur 4-5 tahun dengan cepat berkurang, dan kemudian berkurang secara perlahan lahan hingga umur 5-6 tahun dan setelahnya laju pertumbuhan akan bersifat konstan. Namun, pada umur 13-15 tahun terjadilah percepatan(akselerasi) pertumbuhan  yang disebut pacu tumbuh adelosen.  Tinggi bayi yang baru dilahirkan rata-rata adalah sekitar 50 cm.

Selain berat badan dan tinggi badan yang perlu dipantau untuk bayi yang baru dilahirkan, kemampuan motoriknya pun perlu kita pantau sejak dini, hal ini bisa kita pantau  dengan melihat perkembangan anak seiring bertambahnya usia dari 0-12 bulan yaitu :

·         0-3 bulan : mengangkat kepala, guling-guling, menahan kepala tetap tegak, melihat memndang dan meraih mainan gantung, memperhatikan benda bergerak, melihat benda-benda kecil, memgang benda, meraba dan merasakan bentuk permukaan

·         3-6 bulan : menyangga berat, mengembangkan kontrol kepala, duduk, memegang benda dengan kuat, memegang benda denga kedua tangan, makan sendiri, mengambil benda-benda kecil.

·         6-9 bulan : merangkak, menarik keposisi berdiri, berjalan berpegangan, berjalan dengan bantuan, memasukan benda kedalam wadah, bermain “genderang”, memegang alat tulis dan mencoret-coret, bermain mainan yang mengapung diair, membuat bunyi-bunyian, menyembunyikan dan mencari mainan.

·         9-12 bulan : bermain bola, membungkuk, berjalan sendiri, naik tangga, menyusun balok/kotak, menggambar, bermain di dapur.

Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN