JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

KANDUNGAN GIZI PADA SUSU

 

KANDUNGAN GIZI PADA SUSU

Susu, Kaca, Segar, Sehat, Minum, Makanan

Jika mendengar kata susu apa yang lantas terbayang dipikiran anda? Tentu pasti terbayang minuman kaya zat gizi dan sangat berguna untuk kesehatan kita. Tapi secara fisik yang pasti terbayang adalah susu identik dengan warna putih bukan, selain itu juga aroma yang khas yang menjadi ciri dari minuman yang satu ini. Ada yang tahu enggak sih, kenapa aroma susu berubah ? aroma susu mudah berubah dari yang dikehendaki menjadi aroma yang tidak dikehendaki. Hal ini dipengaruhi oleh sifat lemak susu yang mudah menyerap bau disekitarnya. Selain itu juga dipengaruhi oleh pakan ternaknya juga dapat merubah karakteristik aroma susu.

Susu merupakan minuman sumber protein yang baik untuk tubuh. Protein susu terdiri dari kasein, albumin dan globulin. Kasein adalah protein yang paling menonjol pada susu. Salah satu jenis kasein yang paling sering digunakan pada olahan bahan makanan yaitu kasein misel yang merupakan kelompok kasien submicell yang terbentuk bersama untuk membentuk sedikit dari jaringan yang memungkinkan churd terbentuk dalam pembentukan keju. Kasein pada susu diobah oleh asam, alkohol, rennat, dan logam-logam berat. Kasein diubah oleh asam  yang mengakibatkan terlepasnya dari kalsium, pada suhu tinggi hanya membutuhkan sedikit asam untuk mengkoagulasikan kasein, sebaliknya bila asam lebih banyak diperlukan suhu yang rendah. Kasein yang diubah oleh alkohol akan bekerja sebagai agen yang memebebaskan air dari kaseinyang menyebabkan pengendapan kasein dan yang diendapkan adalah kalsium kaseinat yang terbentuk sama seperti yang terdapat dalam susu. Susu selain memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh, minuman ini kaya akan vitamin yang sudah jelas banyak manfaatnya untuk tubuh yang menjadi penopang dalam menjaga kesehatan kita ini. Kebiasaan mengkonsumsi susu ini harus dibiasakan terutama untuk anak, karena anak-anak membutuhkan asupan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa guna untuk pertumubhan sel-sel didalam tubuhnya.

Manfaat dari meminum susu ini selain kita akan mendapatkan protein yang cukup juga akan mendapatkan vitamin. Vitamin adalah zat organik yang ada dalam konsentrasi yang sangat kecil pada tumbuhan dan hewan. Adapun untuk vitamin yang ada pada susu yaitu vitamin A,B1,B2,C, dan D , yang mana sudah kita ketahui bahwa vitamin yang telah disebutkan diatas sangat baik untuk kebutuhan asupan zat gizi tubuh kita. Kandungan zat gizi pada susu selain kaya akan zat gizi makro, susu juga kaya akan zat gizi mikro. zat gizi mikro pada susu selain kaya akan vitamin, susu juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Minuman yang satu ini memang sangat bervariatif kandungan zat gizinya. Tak heran jika dahulu ketika semboyan gizi di indonesia “empat sehat lima sempurna” dimana penyempurnanya adalah susu karena memang sangat barvariatif zat gizinya. Adapun untuk mineral yang terdapat pada susu yaitu kalium, kalsium, natrium dan magnesium. Konsentrasi total mineral yang terkandung dalam susu kurang dari 1%. Mineral yang terdapat pada susu mengandung garam mineral, garam mineral ini ada dalam serum susu atau dalam senyawa kasein.

penyimpangan flavor pada susu disebabkan oleh pakan, enzimatis, kimiawi dan mikrobiologis. Penyimpangan flavor pada susu akibat pakan akan mengakibatkan cita rasa dari susu itu sendiri, jika disebabkan oleh enzimatis ini akan menimbulkan rasa tengik, karena aktivitas enzim lipase pada lemak susu. Penyimpangan flavor pada susu disebabkan oleh kimiawi dikarenakan adanya oksidasi lemak. sedangkan penyimpangan flavor yang terjadi pada susu karena mikroorganisme ini disebabkan karena adanya pencemaran dan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan fermentasi laktosa menjadi asam laktat dan hasil samping metabolik lainnya yang mudah menguap. Nah, sekarang kita tahu kan apa saja yang menyebabkan cita rasa pada susu itu menjadi berubah, selain hal yang telah disampaikan diatas faktor penyimpanan juga sangat berpengaruh pada ckualitas dan cita rasa pada susu.

 

Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN