JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

ENGARUH TEH, KOPI DAN COKELAT PADA KESEHATAN

 

PENGARUH TEH, KOPI DAN COKELAT PADA KESEHATAN  

Teh adalah salah satu bahan penyegar yang dapat meningkatkan semanga, karena mengandung senyawa perangsang termasuk alkaloid. Teh yang kita minum itu mengandung bahan kimia yang dapat bermanfaat untuk tubuh kita seperti ; polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, vitamin E,  vitamin C sebagai antioksidan  dan vitamin A yang terbentuk dari beta karoten. Jadi sebetulnya kita tidak perlu meminum minuman yang berwarna yang menurut iklan iklan di Tv dapat membangun semangat, namun ternyata didalamnya terdapat bahan bahan yang malah tidak baik untuk kesehatan . jadi mulai sekarang harus cerdas yang dalam menerima informasi apalagi yang dapat mempengaruhi kita dalam menentuka pilihan makanan.

Para penggemar teh pasti akan mengikuti perkembangan dari produk teh baik dari segi cita ras atau mungkin hanya untuk mengikuti tren agar tidak ketinggalan mengenai produk –produk teh. Kebiasaan untuk para penggemar teh mungkin setiap harinya akan meminum teh untuk kepuasan batin atau mungkin merasa ada yang kurang jika sehari saja tidak meminum teh, beda halnya dengan yang tidak terlalu menggememari teh mungkin hanya sesekali saja meminum teh. Untuk para penggemar teh ini dia beberapa  jenis produk teh yang harus diketahui yaitu teh celup, teh seduh, teh yang dipres, teh stik, teh instan.

Kopi adalah jenis minuman yang sangat digemari oleh hampir seluruh kaum laki laki indonesia tak ketinggalan perempuan juga sebagaian menyukainya. Rutinitas minum kopi setiap pagi tidak pernah terlewatkan oleh para penikmatnya, namun pernahkah berpikir saat meminum kopi kenpa anda begitu sangat menyukai kopi, hal ini dikarenakan komposisi yang ada di dalamnya   bukan. Untuk itu yuk kita ketahui apa saja sih kandungan dari kopi yang ada didalamnya sehinggga begitu banyak orang yang tertarik  yaitu diantaranya :

·         Kafein, manfaat dari kafein itu sendiri yaitu sebagai perangsang.

Kafein mempunyai rasa pahit, berwarna putih dan merupakan alkaloid yang penting dalam bidang pengobatan sebagai bahan perangsang.

·         Kafenol, sebagai unur flavor dan aroma.

Nah dari sinilah unsur flavor yang memberikan rasa nikmat untuk para penikmat kopi, tak heran bahwa kafenol memiliki peranan penting yang menjadikan para penikmat kopi enggan melewatkannya disetiap paginya.

senyawa kimia yang khas pada kopi adalah kafein, kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin. Senyawa kafein ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, otak dan ginjal. Pengaruhnya terhadap sistem saraf  pusat adalah menciptakan keadaan yang mencegah  rasa kantuk, meningkatkan daya tangkap panca indera, mempercepat daya pikir, meningkatkan kerja otak dan mengurangi rasa lelah.  Konsumsi kafein harus dilakukan dengan hati hati terutama  bagi seseorang yang sensitif atau beresiko tinggi menderita gangguan fungsi jantung dan ginjal. Nah itu dia yang harus diperhatikan ketika kita sering meminum kopi, ada pengaruh positif dan negaitnya. Jadi silahkan cek kesehatan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan dampak yang kurang baik untuk tubuh kita.

Cokelat selain memiliki citarasa yang enak juga memiliki kandungan gizi yang dapat berpengaruh terhadap tubuh. Kandungan gizi yang terdapat pada cokelat terdiri dari asam stearat, asam palmitat, asam linoleat,, asam linolenat, theoboromin. Theoboromin pada cokelat dapat memberi kontribusi kafein yang sudah kita ketahui bahwa kafein itu dapat mempengaruhi kinerja sistem saraf. Selain itu juga cokelat mengandung pholifenol yang berfungsi sebagai antioksidan , phenyletilamin yang dapat meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan kantuk, katekin yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, serta cokelat juga mengandung ebberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A,C,D,E,  dan juga mineral seperti zat besi, kalium dan kalsium, dan juga kakao mengandung sumber magnesium yang tinggi.

Oke sahabat, saya akan berbagi tips nih untuk mengatasi kantuk dengan minuman, jika teman teman untuk mencegah kantuk sebaiknya konsumsi kopi dan jika sudah terlanjur ngantuk dan untuk menghilangkannya konsumsi cokelat, tapi semuanya tidak dikonsumsi secara berlebih dan harus tepat yah agar tidak berimabas menimbulkan masalah kesehatan

Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN