JENIS -JENIS PERTUMBUHAN PADA MANUSIA

Image
  Jenis – jenis Pertumbuhan Pada dasarnya, jenis pertumbuhan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertumbuhan yang bersifat linier dan pertumubuhan massa jaringan. Dari sudut pandang antropometri, kedua jenis pertumbuhan ini mempunyai arti yang berbeda. Pertumbuhan linier menggambarkan  status gizi yang dihubungkan pada masa lampau dan pertumbuhan masa jaringan menggambarkan status gizi yang dihubungkan pada masa sekarang saat pengukuran. Pertumbuhan linier Bentuk ukuran linier adalah ukuran yang berhubungan dengan panjang badan, lingkar dada, dan lingkar kepala. Ukuran linier yang rendah biasanya menunjukan keadaan gizi yang kurang akibat kekurangan energi dan protein yang diderita waktu lampau. Ukuran linier yang paling sering digunakan adalah tinggi atau panjang badan.   Pertumbuhan masa jaringan Bentuk dan ukuran masa jaringan adalah masa tubuh. contoh ukuran massa jaringan adalah berat badan, lingkar lengan atas (LILA), dan tebal lemak bawah kulit. Apabila ukuran ini rendah

MAKANAN YANG BAIK UNTUK MENGHADAPI VIRUS COVID-19

MAKANAN YANG BAIK UNTUK MENGHADAPI VIRUS COVID-19


sebagai bentuk rasa peduli saya terhadap maraknya virus corona yang sedang terjadi di indonesia, saya selaku ahli gizi akan membagikan sedikit informasi untuk makanan yang bisa dikonsumsi teman teman dirumah dan bahan bahannya pun sangat mudah untuk ditemukan, saya juga sertakan sedikit penjelasan kenapa bahan bahan makanan dibawah ini baik untuk menjadi pelindung tubuh kita dari covid-19 :

bawang putih

Di Indonesia, selain umum digunakan sebagai bumbu masakan, umbi bawang putih digunakan pula untuk mengobati tekanan darah tinggi, gangguan pernafasan, sakit kepala, ambeien, sembelit, luka memar atau sayat, cacingan, insomnia, kolesterol, flu, gangguan saluran kencing, dan lain-lain (Thomas, 2000; Rukmana, 1995). Berbagai penelitian yang telah dikembangkan untuk mengeksplorasi aktivitas biologi umbi bawang putih yang terkait dengan farmakologi, antara lain sebagai antidiabetes, anti-hipertensi, anti-kolesterol, antiatherosklerosis, anti-oksidan, anti-agregasi sel platelet, pemacu fibrinolisis, anti-virus dan antimikrobia, dan anti-kanker.

bawang putih sebagai anti virus dan anti mikroba :
Anti-mikrobia Umbi bawang putih berpotensi sebagai agen anti-mikrobia. Kemampuannya menghambat pertumbuhan mikrobia sangat luas, mencakup virus, bakteri, protozoa, dan jamur (Tabel 1) (Nok et al., 1996; Zhang, 1999; Ohta et al., 1999; Pizorno dan Murray, 2000; Yin et al., 2002). Ajoene (14-15), yang terdapat dalam ekstrak maserasi bawang putih, mempunyai aktivitas anti-virus paling tinggi dibandingkan senyawa lain, seperti allisin (3), allil metil tiosulfinat, dan metil allil tiosulfinat. Ajoene (14-15) juga menghambat per-tumbuhan bakteri gram negatif dan positif, serta khamir (Naganawa, et al., 1996). Tes Ames membuktikan bahwa senyawa ini dapat menghambat mutagenesis baik yang disebabkan perlakuan benzo[a]pyreded (B[a]P) atau 4-nitro-1,2-phenylenediamine (Ishikawa et al., 1996). Penghambatan ini sangat efektif pada mutasi tipe transisi (Agarwal, 1996). Ajoene (14-15) di pasaran tidak diperoleh dari bawang putih, karena jumlahnya sangat sedikit dalam minyak atsiri alami (Ishikawa et al., 1996).

Spesies mikrobia yang pertumbuhannya dihambat ekstraks bawang putih:

bakteri :
 1. Staphylococcus aureus 
 2. α- & β-hemolytic streptococcus 
 3. Citrobacter freundii 
 4. Enterococuc cloacae 
 5. Enterpbacter cloacae 
 6. Eschericia coli 
 7. Proteus vulgaris 
 8. Salmonella enteritidis 
 9. Citrobacter 
 10. Klebsiella pneumonia 
 11. Mycobacteria 
 12. Pseudomonas aeruginosa 
 13. Helicobacter pylori Bakteri 
 14. Lactobacillus odontyliticus 


jamur:
 15. Candida albicans 
 16. Cryptococcuc neofarmans 
 17. Aspergillus niger 
 18. Fusarium oxysporium 
 19. Saccharomyces cereviseae 
 20. Geotrichum candidanum 
 21. Cladosporium werneckii 
Virus 
 22. Herpes simplex virus tipe 1 
 23. Herpes simplex virus tipe 2 
 24. Parainfluenza tipe 3 
 25. Vaccinia virus 
 26. Vessicular stomatitis 
 27. Human rhinovirus tipe 2 

Protozoa 
 28. Trypanosoma brucei 
29. Trypanosoma congolense 
30. Trypanosoma vivax 

Kandungan alliin bawang putih yang diremas akan segera teroksidasi menjadi allisin dan selanjutnya menjadi deoksi-alliin, DADS dan DATS, suatu senyawa anti bakteri (Mabey, et al., 1988), namun tidak mempunyai aktivitas antivirus (Pizorno dan Murray, 2000). Senyawasenyawa tersebut dapat mereduksi sistein dalam tubuh mikrobia sehingga mengganggu ikatan disulfida dalam proteinnya. Resep yang mengandung ekstrak bawang putih, baik digunakan sendirian ataupun dengan amphotericin B, dapat melawan infeksi fungi sistemik pada manusia dan meningitis (Howe, 1997). DATS  merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas anti-bakteri paling kuat (Yin et al., 2002). Senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan Trypanosoma adalah DADS (Nok et al., 1996). 

yoghurt

Yoghurt mengandung protein, kalsium dan vitamin yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Konsumsi susu fermentasi secara rutin akan memberikan manfaat (Andrianto, 2008) antara lain : 
  • Meningkatkan pertumbuhan inang 
Peningkatan pertumbuhan terjadi sebagai hasil dari penurunan infeksi subklinis akibat tertekannya pertumbuhan mikrobia penyebab infeksi 
  • Memperbaiki penggunaan nutrisi makanan 
Hal ini dapat terjadi melalui peningkatan efisiensi proses pencernaan atau peningkatan kecernaan senyawa-senyawa yang awalnya tidak tercerna
  • Meningkatkan kesehatan 

Terjadi resistensi inang terhadap penyakit infeksi baik secara langsung melalui mekanisme antagonis maupun melalui status kekebalan. Didalam tubuh jika terjadi sintesis antara senyawa antioksidan, antibiotik alami, dan berbagai vitamin penting, maka akan dapat meningkatkan kesehatan manusia. 


bayam

Kandungan gizi per 100 g meliputi energy 100 kJ, karbohidrat 3,4 g, protein 2,5 g, betacarotene 4,1 mg, Viamin B kompleks 0,9 mg, Vitamin C 76,7 (anonim, 2013). Vitamin C sangat penting untuk tubuh manusia. Manfaatnya antara lain dapat mengobati berbagai macam gangguan pada manusia, mulai dari kanker, diabetes, infeksi virus dan bakteri, serta memperlambat penuaan dini (Massey et al., 2005; Brock et al., 2010). Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia untuk asupan vitamin C telah ditetapkan 45 miligram per hari (Snesa, 2010). 

selain ketiga hal tersebut dibawah ini makanan lain yang baik untuk menjaga imun tubuh kita, dalam menghadapi maraknya virus corona
  • brokoli
  • kayu manis
  • lemon
  • apel 
  • jahe
  • kacang almond



sumber :


Comments

Popular posts from this blog

PENEMUAN MINERAL

MAKANAN ASIA TENGGARA

LANGKAH-LANGKAH MENGADAKAN PENYULUHAN KESEHATAN